Minggu, 22 Maret 2015

9 TIPS MEMBERIKAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK

1 . Perkenalkan kata-kata yang  sering mereka jumpai





ratimasari.blogspot.com
Kata-kata ini bisa berbentuk kata kerja (verb) atau kata benda (noun).Kata-kata benda ini tidak hanya yang berwujud benda mati, namun juga mahluk hidup,dan bahkan manusia.Benda mati yang biasa dijumpai anak-anak misalnya meja, pintu, kursi, almari dan lain-lain.Kalau mahluk hidup,tentu saja bisa nama-nama binatang, jenis –jenis pohon, nama-nama  buah, nama-nama sayuran, dan lain-lain.Bila berwujud manusia bisa kita mulai dari  lingkungan keluarga (father, mother, daughter, son, etc),  dan sekolah (teacher,  student, principal,  etc).

 2. Salam


Salam adalah bagian terpenting dalam bahasa Inggris.Karena kata ini pasti diucapkan baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Salam-salam yang penting antara lain “good morning, good night, happy birthday,  dll.”




3. Gunakan media lagu


Media lagu sangat besar menfaatnya dalam pengajaran bahasa Inggris kepada  anak-anak.Karena selain bisa me-refresh otak anak, anak-anak juga bisa belajar pengucapan-pengucapan kata-kata yang sulit (menjadi lebih mudah) dan baru.

4. Terapkan KERJA  KELOMPOK


Dengan belajar kelompok,anak–anak biasanya bisa lebih leluasa untuk berani  berbicara.Tidak seperti pada saat berbicara dengan guru bahasa Inggris,yang kadang anak-anak merasa minder dan segan.Bila mereka bicara dengan teman mereka sendiri dalam satu kelompok,maka mereka akan merasa lebih bernai ngomong.Meskipun pada prakteknya mereka akan memakai bahasa campur-campur,namun hal itu tidak menjadi masalah.Bila sudah terlalu banyak menggunakan bahasa  Inggris,kita  bisa  memperingatkannya.

5. Terapkan materi  pelajaran yang tematis


Materi pelajaran ini akan mempermudah anak untuk  memahami suatu materi  pelajaran.Tentukan tema yang sama setiap bulan,atau dua bulan sekali.  Tema-tema tersebut misalnya keluarga,alam, makanan,  dll.Tema-tema  yang ditentukan tentu saja sama dengan mata pelajaran yang lain (tidak  hanya  mata   pelajaran Bahasa  Inggris).

6. Tanya jawab


Tanya jawab sangat penting untuk melatih kemampuan berbicara anak.Dan  untuk melakukan ini tentu saja diusahakan untuk menggunakan “kalimat lengkap”. Misalnya guru bertanya “What is your name?” Dan siswa harus menjawab juga dengan  kalimat lengkap,”My   name is Jen.”

7. Harus FUN


Materi bahasa Inggris bukanlah materi yang mudah bagi sebagian besar  anak-anak Indonesia.Jadi kita harus peka dalam hal ini.Kita harus pandai  dalam melihat situasi kelas,apakah  anak-anak merasa bosan,  tertekan,  atau masih merasa senang.Bila anak mulai bosan  dan terlihat tertekan, sebaiknya kita lebih banyak memberikan permainan,daripada memberikan materi  pelajaran dengan cara yang serius.

8.  Perbanyak   menggunakan Alat  Peraga


Alat peraga tidak hanya berguna untuk mempermudah anak dalam  memahami  suatu materi. Alat peraga  juga sangat  penting dalam  melatih  visual  anak.  Selain itu,dengan alat peraga juga untuk mengatasi kebosanan anak saat belajar bahasa  Inggris. Alat peraga bisa berupa gambar,boneka,benda-benda nyata, dan  lain-lain.

9. Menonton Film  Kartun dan Mendengarkan Lagu


Kegiatan ini bukanlah sesuatu yang bersifat WAJIB,namun sebagai selingan,  dan tentu saja untuk mengatasi kebosanan anak. Dalam memilih Film dan lagu, usahakan adalah film-film  da lagu-lagu yang edukatif, inspiratif,  dan motivatif. Kalau soal lagu,bisa  pilih lagu-lagu ciptaan saya.

4 komentar:

  1. OKE,,

    1. Kata-kata yang ada hyperlink nya mohon dihapus link nya,, karena menuju ke website lain,, ditakutkan orang akan lebih suka membaca web blog milik orang lain,, dan tidak tidak lagi mengunjungi blog kamu,, jika ingin menyertakan hyperlink pada kata-kata di artikel kamu,, usahakan masih mengarah ke blog kamu sendiri, itu akan lebih baik.. :D

    2. Judul artikelnya yang berwarna merah itukah ?? kenapa kecil sekali dan tidak terlihat seperti judul,, mohon dibesarkan ukurane,, jangan sampe sub judul atau tulisan artikelmu lebih besar dibandingkan dengan judul artikel kamu

    Terima kasih..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. 1. ATUR PARAGRAF MENJADI RATA KANAN KIRI

    BalasHapus